MotoGP 2020 Yuck Intip Apa Saja Yang Baru Di Kalender Balap Tahun Ini?

Bradley-Smith-Aprilia-MotoGP-Test-Rider-indomotorsport.com Kymi Ring Finlandia 2019

Indomotorsport – Hallo gaez. Tanggal 8 maret nanti akan diselenggarakan race perdana MotoGP tahun 2020 ini gaez. Masih lama memang, hampir 2 bulan lagi kita baru bisa menikmati acara prestisius ini. Apa saja yang akan tersaji di kalender balap MotoGP tahun 2020 ini?

Regulasi:

Perubahan regulasi untuk Aerodinamika atau bisa di katakan dengan Aerobody telah dirilis oleh FIM. Nah untuk MotoGP musim 2020 apa saja sih yang berbeda? Yuck cangkul lebih dalam lagi gaez. Pada buku panduan regulasi tahun 2019 ada dua area yang termasuk kedalam Aerobody. Yaitu area front-side fairing dan area spatbor depan / front fender.

Nah untuk regulasi 2020 di tambah 1 lagi area gaez, yaitu pada area Swing-arm atau lengan ayun. Total berarti ada 3 bagian ya, front fender, spatbor dan swing arm. Dengan di tambahkannya area jadi semakin ketatlah regulasinya gaez. Jika tahun sebelumnya area swing-arm masih bebas untuk di kembangkan, sekarang tentunya akan ada aturannya.

Swingarm Deflector Ducati Desmosedici MotoGP

Area swing-arm tahun lalu luput dari regulasi dan sekarang dimasukan kedalam buku panduan regulasi oleh FIM. Pada era pengembangan yang lebih ke mekaninal sepertinya, arah dari pabrikan akan melihat hal-hal kecil yang berpotensi untuk dikembangkan. Area swing-arm lah yang berpotensi untuk pengembangan ini. Diawali oleh Ducati yang terinspirasi oleh water deflector Yamaha. Akhirnya diikuti oleh pabrikan lain seperti Honda, KTM, Suzuki dan Aprilia.

Regulasi untuk aerobody semakin di perketat.

Update desain aerobody hanya bisa dilakukan sekali dalam satu musim per area pada tahun 2019. Sehingga update satu area tidak mempengaruhi jatah update area lain. Masing-masing area berdiri sendiri. Pabrikan masih cukup leluasa untuk pengembangan desain. Namun regulasi pada 2020 ini semua area di kawinkan gaez. Ketiga are tersebut menjadi satu kesatuan aerobody, sehingga pabrikan hanya mempunyai jatah satu kali semusim.

aerobody MotoGP regulation - indomotorsport

Namun regulasi itu terikat pada setiap rider bukan tim atau pabrikan. Sehingga masing-masing rider bisa mengaplikasikan update yang berbeda. Contohnya pabrikan memberikan update area spatbor untuk pembalap A, pembalap B tidak serta merta mendapatkan update yang sama. Bisa saja pembalap B lebih mengembangkan update di area swing-arm. Hal itu tidak menyalahi regulasi. Karena jelas regulasi mengikat pada masing-masing pembalap.

Ada tambahan regulasi khusus untuk di race Phillip Island 2020 nanti. Team boleh melepas Sidepod atau Inner Winglet tanpa mengubah struktur Aerobody. Tindakan ini tidak akan mempengaruhi jatah update aerobody. Hal ini dilakukan dengan alasan keamaan rider. Setelah di 2019 adanya indikasi Side-wind yang berpotensi mengakibatkan kecelakaan. Karena memang sirkuit ini dekat dengan laut dengan angin yang lumayan besar gaez.

Aturan Teknis:

Untuk pelanggaran menganai Jump Start mengalai perubahan juga gaez. Perubahan dari masuk Pit Lane menjadi dua kali melakukan long lap. Rider yang mendapatkan penalti ini harus melakukan 2 kali long lap dengan batas 5 lap setelah di umumkan. Hal ini akan mampu memperlambat pembalap 3 sampai 5 detik setiap lap. Tergantung dari sirkuitnya sendiri. Dengan melaukan 2 kali long lap akan membebani pembalap antara 6 sampai 10 detik lebih lambat. Hal ini dirasa FIM merupakan hukuman yang lebih adil bagi pembalap yang mendapatkan penalti.

Sirkuit:

MotoGP akan mendapatkan tambahan sirkuit baru untuk kalender balap 2020 ini. Karena gelaran balap MotoGP akan meyambangi sirkuit Kymiring Finlandia setelah 38 tahun absen. KymiRing yang baru saja di benahi akan mempunyai track lurus terpanjang yang hampir 1,2 km. Dengan tujuan menggabungkan track lurus super cepat dengan bagian yang sempit dan berliku. MotoGP mengirim enam tim uji pabrikan ke pengadilan sirkuit Finlandia baru Agustus lalu.

Kemudian Grand Prix Thailand akan dipindahkan ke awal musim. Buriram akan menjadi tuan rumah race MotoGP pada 2020 setelah seri pembuka di Qatar Grand Prix. Grand Prix Argentina dan Amerika dan Grand Prix Jerman dan Belanda juga mengalami perubahan jadwal.

jadwal motogp sirkuit kymi ring finlandia - indomotorsport- kalender motogp 2020

Dengan kalender balap yang setiap tahun mengalami perubahan. Jatah untuk melakukan uji coba akan di pangkas untuk mengurangi beban kerja tim yang tergabung ke dalam MotoGP . Tes pramusim di Valencia telah dibatalkan untuk tahun 2020. Test ban Michelin dilakukan dua kali dalam sehari, yang hanya di ikuti oleh tim uji. Akan berlangsung di KymiRing pada 15-16 Juni 2020.

Pembalap:

Nah untuk pembalapnya pun ada kejutan gaez. Siapa lagi kalau bukan Alex Marquez yang akan bertandem dengan kakaknya di Repsol Honda. Setelah Jorge Lorenzo memutuskan pensiun walaupun masih meyisakan 1 tahun kontraknya dengan Repsol Honda. Manajemen repsol Honda memutuskan untuk mengikat adik dari the Baby Alien itu semusim.

  • alex marquez 2020 repsol honda (c)motogp.com
  • repsol honda kontak alex marquez test
  • Iker Lecuona RedBull KTM Tech3 - indomotorsport.com
  • Iker Lecuona RedBull KTM Tech3 - indomotorsport.com
  • brad binder redbull ktm - indomotorsport.com
  • brad binder redbull ktm - indomotorsport

Selain Alex Marquez sebagai rookie di MotoGP tahun 2020 ini, ada dua lagi rookie yang akan meniti karir. Brad Binder akan bergabung dengan Red Bull KTM mengantikan slot yang di tinggalkan Johann Zarco. Lalu Iker Lecuona merapat ke tim satelit Red Bull KTM Tech 3 mengantikan Hafidz Syahrin. Sedangkan keinginan Johann Zarco untuk masih tetap bertahan di MotoGP kesampaian gaez. Ia akhirnya merapat ke Avintia Ducati menggusur Karel Abraham.

Thanks, See you soon,..

Tinggalkan Balasan