Aprilia RS-GP 2020 Menggunakan Konfigurasi Mesin V4 90 Derajat

New Aprillia RS-GP V4 90 degree carbon

Indomotorsport – Hallo gaez. Memang sudah santer terdengan bahwa Aprila akan mengusung sesuatu yang baru di tahun kalender MotoGP 2020 ini. Sebelumnya belum terlihat apa sih yang akan di lakukan Aprilia untuk lebih bisa kompetitif di tahun ini? Nah ternyata kepingan teka teki tersebut sudah terkuak gaez. Salah satunya tercangkul oleh GP-One yang mendapati Aprilia RS-GP 2020 bertransformasi dari V4 75° menjadi V4 90°. Sekedar info bahwa mesin dengan konfigurasi V4 90° jamak di sebut dengan L4 ya gaez.

Dulu manajer tim Aprilia Romano Albesiano sempat membeberkan bahwa RS-GP akan menggunakan External Flywheel. Betul itu gaez roda gendengnya ditaruh di luar seperti yang jamak dilakukan oleh pabrikan lainnya di MotoGP. Karena jika mesin sudah di segel maka haram hukumnya untuk mengotak atik jeroan mesin selama musim balap MotoGP berlangsung. Dengan era MotoGP yang memasuki solusi cepat di area mekanikal. Akhirnya Aprilia menerapkan juga solusi External Flywheel pada RS-GP besutan tahun 2020 ini.

Aprillia RS-GP 2020 V4 90 degree

Menurut Aprilia regulasi untuk area flywheel lebih longgar karena tidak dikendalikan (dikontrol). Sehingga masih bisa di utak atik karena tidak tersegel didalam mesin. Hal ini memngkinkan kru mekanik mampu menyesuaikan motor dengan karakter sirkuit. Lalu yang tak kalah pentingnya adalah perubahan total dari mesin Aprilia RS-GP 2020. Dari V4 dengan sudut kemiringan 75 derajat, sekarang menjadi L4.

Aprillia RS-GP 2020 V4 90 degree test
Dengan mengusung mesin baru Aprilia RS-GP 2020 bisa mengejar ketertinggalan dari pabrikan lainnya.

Mesin ini sama sekali baru gaez. Albesiano mengatakan bahwa New Aprilia RS-GP 2020 membawa mesin konfigyrasi L4 ini sama sekali belum pernah di coba di sirkuit. New Aprillia RS-GP ini cuma internal test saja. Test hanya di laboratorium Aprilia di Noale, seluruh sumber daya di kerahkan untuk membuat mesin baru. Untuk Test Pra-Musim Sepang nanti rencananya disiapkan 2 mesin yang dipakai untuk masing masing pembalap. Dan kemudian akan bertambah 2 lagi pada saat test Losail Qatar nanti. Jadi masing masing pembalap akan memiliki 2 mesin baru. Yang nantinya Aprilla akan mendapatkan input data yang lebih banyak lagi.

Musim 2019 Aprilia mengambil langkah untuk membuka lembaran baru, dengan merubah mesinmereka. Demi mengejar ketertinggalan mereka dari pabrikan lainnya. Dan mesin yang menggunakan konfigurasi L4 lah yang dipilih. Dasar dari keputusan pemilihan ini adalah karena kesederhanaan layout L4. Dan juga karena layout yang berbeda dari Sistem pembuangannya. Dan diharapkan New Aprilia RS-GP 2020 ini potensinya lebih besar untuk lebih kompetitif.

Andrea Ianone Arpilia RS-GP

Dengan kasus yang Ianone alami terkait tes doping saat race MotoGP Malaysia musim lalu. Ianone bakalan absen pada saat test Sepang nanti. Meskipun masih ada Aleix Espargaro dan Bradley Smith. Mereka tidak seperti Iannone yang pernah jadi pembalap Factory Ducati. Keduanya masih minim pengalaman di Mesin Motor V4 90 derajat. Solusi dari Albesiano sedang menimbang opsi untuk menghadirkan Max Biaggi Dan Lorenzo Savadori.

Grazie, e arrivederci,…

Tinggalkan Balasan