Cheetah Mobil Off Road Prototype Dari Lamborghini

Cheetah Prototype Off Road Lamborghini 1977 (c)Automobili Lamborghini SpA 02

Indomotoesport – Hallo Gaez. Di artikel awal telah saya bahas tentang peluncuran Lamborghini Urus, SUV mewah dari pabrikan asal Agatha ini. Nah kemarin sempat saya singgung untuk membahas sejarah Lambo di kancah mobil off-road ini. Mari kita cangkul lebih dalam lagi gaez bagaimana awal dari Cheetah Prototype Off Road dari Lamborghini.

Memang jika sudah mengetahui bahwa Lamborghini punya sejarah panjang tentag mobil Off Road. Tentunya tidak aneh jika Lamborghini merilis Urus di jajaran lini produksi mereka. Namun saya sendiripun dibuat terheran-heran karena memang awam tentang sejarah dari pabrikan ini. Pikir saya ini adalah langkah berani dari pabrikan Lamborghini untuk mengeluarkan mobil bergenre SUV ini. Sedangkan mindset dari Lamborghini adalah semua tentang mobil sport gepeng yang kenceng nan mewah.

This and many more photos of Lamborghinis are available on www. LamboCARS.com

Namun semua itu buyar ketika saya cangkul lebih dalam tentang sejarah dari Lamborghini ini. Bermula ketika pabrikan asal Italia ini menginginkan kontrak dari militer Amerika Serikat. Pihak AS menginginkan kendaraan temput taktis yang cepat dan kuat. Lahirlah Cheetah pada tahun 1977. Cheetah dirancang oleh Rodney Pharis, boss dari Mobility Technology International atau MTI . Kontraktor yang bekerjasama dengan departemen pertahanan yang bermarkas di AS. Yang nantinya merancang Cheetah sebagai mobil yang mampu melaju di berbagai medan.

Pada akhirnya nanti MTI yang akan bertanggung jawab untuk menjual Cheetah di Amerika Serikat. Sementara itu Cheetah akan di buat di Italia dan akan di produksi di pabrik Lamborghini yang bermarkas di Sant’Agata. Lamborghini tidak ingin menghabiskan waktu dan tenaga untuk mendesain kendaraan off-road, sehingga mereka memilih MTI yang melakukan hal tersebut.

Cheetah Prototype Off Road Lamborghini 1977 (c)Automobili Lamborghini SpA 04
This and many more photos of Lamborghinis are available on www. LamboCARS.com
Cheetah ditampilkan di Geneva Auto Show 1977 (tanpa nomor sasis). Untuk menampilkan Lamborghini dengan citarasa yang berbeda bagi konsumen. Tetapi pesanan yang nyata dari konsumen untuk membeli Cheetah tidak pernah terwujud.

Setelah prototype itu jadi akhirnya di pamerkan di Geneva Motor Show pada tahun 1977. Namun dari desain prototype tersebut memiliki kesamaan dengan kendaraan militer lainnya XR311 dari yang di buat oleh FMC. Dengan kesamaan antara Cheetah dan XR311 mengakibatkan ancaman tindakan hukum oleh FMC terhadap MTI. Yang menariknya adalah sebenarnya awalnya MTI hanya bertugas untuk meriset dan mendesain saja, namun kenyataan malah berkebalikan. Cheetah dirancang dan di bangun oleh MTI di San José California. Setalah jadi prototype Cheetah di kirim secara utuh ke San Agatha Italia. Lalu kemudian baru di bawa Lamborghini ke Geneva Motor Show pada Tahun 1977.

Sebenarnya Cheetah tidak benar-benar diuji untuk keperluan militer. Namun Rodney Pharis hanya mendemonstrasikan untuk personil militer. Cheetah dapat menempuh kecepatan 105 mil per jam kalau di konversikan di kisaran 170 Kilometer per jam. Kala itu kemampuan Cheetah sangat mengesankan untuk ukuran mobil off-road. Karena terjadi goncangan finansial yang menimpa Lamborghini, Akhirnya pengembangan untuk Cheetah di hentikan. Dan akhirnya MTI memutuskan untuk menjual seluruh proyek ke Teledyne Continental Motors, termasuk prototipe asli dari Cheetah.

Lamborghini Cheetah menunjukkan beberapa kekurangan sejak awal. Mesin besar Chrysler V8 360 dipasang di belakang kursi belakang. Digabungkan dengan gearbox otomatis 3 percepatan untuk menggerakkan ke 4 rodanya. Dengan mesin yang dipasang begitu jauh di belakang sasis, keseimbangan bobot menjadi terganggu. Dengan demikian menghasilkan perilaku jalan yang tidak stabil , terutama ketika masuk ke bahu jalan. Kemudian hal yang menarik adalah Cheetah menggunakan sejenis ban ‘run-flat’. Ban luar menggunakan versi ‘low lbs’ yang memungkinkan traksi tambahan ketika melibas medan berpasir. Sementara ban dalam yang kedua dipasang yang memungkinkan masih stabil mengemudi bahkan ketika ban luar rusak.

This and many more photos of Lamborghinis are available on www. LamboCARS.com
Kabar keberadaan Cheetah sebagai Prototype off road pertama dari Lamborghini ini masih simpang siur.

Kabar menarik lainnya adalah bahwa prototype mobil off road Cheetah dari Lamborghini ini dinyatakan hilang setelah Geneva Motor Show 1977. Ketika pengiriman unit prototype ke Amerika Serikat. Kabar lainnya menyebutkan bahwa prototype Cheetah rusak berat ketika mengalami kecelakaan saat uji coba di Nevada. Sehingga dibiarkan dan tidak diperbaiki lagi. Namun sumber terpercaya lainnya menyatakan bahwa prototype Cheetah masih utuh dan berada di Amerika. Automobili Lamborghini SpA sangat ingin mendapatkannya kembali untuk dipajang di museum pabrik di Sant’Agata.

This and many more photos of Lamborghinis are available on www. LamboCARS.com

Akhirnya Lamborghini tidak dapat mengumpulkan jajaran model baru berdasarkan prototype Cheetah di akhir tahun tujuh puluhan. Kemudian Cheetah dijual ke perusahaan lain dan perlahan-lahan dilupakan. Namun petualangan mobil off-road dari pabrikan benteng mengamuk ini masih jauh dari selesai untuk Automobili Lamborghini. Lambo masih terus maju dengan LM002 yang mengesankan. Nanti sambulng lagi ya di artikel selanjutnya,…

Grazie, e arrivederci

Tinggalkan Balasan