Jorge Lorenzo Pensiun Dari Ajang Balapan MotoGP

jorge lorenzo pensiun press conference #thanksjorge

Indomotorsport – Hallo Gaez, Musim balap MotoGP 2019 sudah berakhir gaez. Walaupun jauh-jauh hari sudah ketahuan bahwa Marc Marquez sudah menyegel gelar Jurara Dunia ketika race masih menyisakan 4 balapan lagi. Jadi kurang begitu seru seperti tahun 2 musim kebelakang, juara dunia harus diperebutkan sampai akhir race di MotoGP Valencia. Kabar mengejutkan datang dari X-Fuera. Jorge Lorenzo menyatakan pensiun menjadi pembalap aktif di ajang balap MotoGP.

Sayangnya 2 seri terakhir saya belum berkesempatan menuliskan disini, karena begitulah keadaannya gaez. Tak papalah fotget it. Yuch lanjut saja ya gaez, setelah ketinggalan beberapa update berita, ada beberapa berita yang membuat saya syok (beuuuhhh lebay :grin). Keterkejutan saya berawal dari berita tentang pensiunnya X-Fuera gaez.

jorge lorenzo with gigi dall'igna last career in motogp 2019

Ya Jorge Lorenzo memutuskan untuk pensiun dari MotoGP pada penghujung akhir tahun 2020 ini. Berita ini sebenarnya sudah banyak beredar di ranah blog-sphere semenjak Lorenzo tak mampu finis di 10 besar. Untuk sekelas rider top memang parameternya finis 10 besar gaez. Tak ayal jika hal ini membuat Lorenzo patah arang frustasi berat gaez.

Lorenzo pun harus menyerah dengan RC213V milik Honda. Dari 2 tahun kesempatan untuk menungganginya, ia harus mengakhiri 1 tahun lebih cepat dari kontraknya. Seperti Zarco yang harus menyerah 1 tahun lebih awal untuk mengendarai KTM RC16 karena tidak mampu untuk beradaptasi dengan baik. Bebeda dengan Zarco, Lorenzo tak mampu berbuat banyak dengan RC213V karena faktor non-teknis gaez.

Musim 2018-2019 memang Lorenzo sepertinya di naungi aura negatif yang tak kunjung pudar. Badai cidera bagaikan tak mau berlalu darinya. Belum fit dengan cidera sebelumnya, ia dihadapkan kembali dengan cidera lainnya yang ia dapatkan saat balapan. Hal inilah yang menurut saya yang menjadi krusial bagi karirnya di ajang balapan kasta tertinggi ini.

Badai cidera adalah satu satunya penghalang Jorge Lorenzo menemukan motivasi lebih untuk bertahan di MotoGP.

Marc Marquez pun sebagi team mate sangat prihatin dengan kondisi Lorenzo. Menjelang akhir kalender balap MoroGP 2019 kemarin, Marc menyatakan bahwa dengan tak mampunya Lorenzo finis 10 besar dari 18 pembalap. Masa depannya dengan Honda masih rancu dan tak pasti. Marc menyadari apa yang Lorenzo alami. Dengan keaadan Lorenzo sekarang ini, ia akan sulit untuk menemukan motivasi lebih untuk bertahan di MotoGP.

jorge lorenzo pensiun bersama marc marquez dan tim #thanksjorge

Dan akhirnya ia memutuskan untuk pensiun dari dunia balap MotoGP di penghujung akhir tahun 2019 ini. Inilah yang membuat saya terkejut dengan keputusannya. Karena sebelumnya Puig menyatakan berkali-kali bahwa Lorenzo masih bersamanya dan masih akan mengendarai RC213V setahun lagi. Kalaupun benar akan meninggalkan Honda, Lorenzo di gadang-gadang akan merapat ke Avintia Ducati. Hal ini merujuk kepada Zarco yang di daulat menggantikan Nakagami di LCR Honda untuk 4 balapan tersisa karena cidera. Dengan demikian Zarco cukup kuat menjadi kandidat untuk menggantikan Lorenzo di Repsol Honda.

Namun kenyataannya berbeda gaez, Zarco lah yang merapat ke Avintia Ducati. Dan kursi yang di tinggalkan Lorenzo diambil oleh Marquez. lho kok Marquez? yang saya maksudkan adalah Alex Marquez. Ya gaez, Repsol Honda di bajak oleh Marquez Brothers.

Apakah keputusan Lorenzo tepat? Saya rasa sudah sangat tepat sekali. Mengingat cidera-cidera yang ia dapatkan belum semuanya fit. Cidera lamanya belum fit, ditambah cidera lagi yang parah. Dengan mempertimbangkan kebugarannya, keputusan yang ia ambil sudah tepat. Seandainya ia mengambil kursi di Avintia, saya rasa ia belum tentu mampu bersaing dengan rookie-rookie pendatang baru di MotoGP. Ia akan menjadi bulan-bulanan pembalap lainnya. Apakah ia mau hanya menjadi pemggembira saja di jajaran belakang rider lainnya? Hanya mampu bersaing perebutan posisi 15 saja. Apakah ia mau hanya menjadi cameo saja?

jorge lorenzo wallpaper (c)mtgp.com
Jorge Lorenzo Repsol Honda (c)motogp.com

Rider dengan 3 gelar Juara Dunia pastinya tak akan mau seperti itu. Hanya akan menjadi olok-olok saja di media nantinya. dengan demikian ia mengambil keputudan yang tepat dengan pensiun dari Dunia MotoGP. Namun kabar itu juga bukan akhir dari segalanya. Ia menyisyaratkan bahwa ia akan kembali ke paddock pada musim MotoGP 2020 nanti. Namun belum pasti kapitasnya sebagai apa nantinya.

Gracias, hasta pronto,…

Tinggalkan Balasan