Lamborghini Sian, Supercar Bermesin V12 Hybrid Dengan Superkapasitor

Lamborghini Sian Hybrid Revealed - Official First Look --- indomotorsport--- 003

Indomotorsport – Hallo gaez, lanjut dari tulisan saya kemarin tentang gambaran awal dari Lamborghini Sian. Mobil hybrid pertama yang di buat oleh Lamborghini, sian di proyeksikan untuk menyongsong era mobil listrik di masa mendatang. Dengan menghybridkan mesin V12 nya. Ini langkah awal riset untuk produksi supercar dengan konfigurasi full elektrik jika nantinya akan di produksi.

Bagaimana caranya? Lamborghini menyebutkan dengan menggunakan superkapasitor. Ini adalah solusi penyimpanan energi relatif baru. Alih-alih menggunakan paket baterai lithium-ion , Lambo mengklaim menggunakan metode khusus ini, enegi yang tersimpan tiga kali lebih kuat dan bobot 3 kali lebih ringan dari sel Li-Ion konvesional. Sistem penyimpanan dapat diisi dan dikosongkan dengan jumlah daya yang sama. Setiap kali mengerem dorongan listrik akan pulih dengan cepat.

Menggunakan e-motor 48v 34bhp yang dipasang secara terpusat, tekbik pemasangan digabung dengan gearbox untuk respons yang lebih cepat. Sehingga bisa menghemat bahan bakar, comtohnya ketika mau parkir, Sian menggerakkan roda hanya dengan e-power. Di waktu yang sama memberikan e-motor mengisi celah daya sepersekian detik dari gearchanges.

Tenaga listrik itu digabungkan dengan mesin V12 Lamborghini dengan output tertinggi 6.5L menghasilkan 774bhp, ini berarti 15bhp lebih besar dari pada Aventador SVJ pada kitiran mesin 8500rpm. Total output daya adalah 808bhp, ini berarti bahwa Sian akan menjadi mobil Lamborghini tercepat yang pernah dibuat. Jarak 0-62mph dapat di selesai ditempuh dengan kurang dari 2,8 detik dan Sian dapat melaju mencapai 218mph. Lamborghini mengatakan traksi ditingkatkan sebesar 10% – 20% . Menjadikannya 1,2 detik lebih cepat dari Aventador SVJ.

Lamborghini Sian Hybrid Revealed - Official First Look --- indomotorsport--- 001

Pengen nih mobil gaez? Nanti dulu, siapkan kocek dalem dalem deh, jika punya duit bejibun juga sepertinya akan sulit susah bin sukar. Pasalnya Lamborghini Sian hanya akan dibuat 63 biji saja, angka sakral dari tahun berdirinya Lamborghini. Terjawab sudah misteri angka 63 yang ikut nimbrung di Fix Wing Tail di buritan lamborghini Sian.

Apa sih arti dari Sian?

Nantinya calon pembeli akan melalui seleksi yang ketat juga gaez, hanya sultan yang mempunyai kriteria tertentu yang bisa meminang mobil cantik ini. Setiap pelanggan sudah lolos seleksi aka dibawa ke proses personalisasi. Agar nantinya Lamborghini Sian dari masing masing pelanggan berbeda satu dengan lainya. Sian akan hadir dalam tema ‘Oro Elettrico’, memadukan warna hijau zaitun dengan serbuk emas untuk detailnya.

Lalu kenapa bos Lambo Stefano Domenicali memilih nama Sian? Aneh di telinga dan agak kurang gahar gitu, mengingat nama nama terdahulu terkesan sangar. Countach, Murcielago, Aventador Huracan, Reventon, Egoista, Miura, Estoque, Gallardo, Diablo, Ferruccio, Veneno, Sesto Elemanto, Reventon. Nama nama yang gagah, sangar nan gahar. Sian berarti ‘kilatan cahaya’ dalam dialek Bolognese. Menambah potensi Lamborghini sebagai produsen super sportcar beberapa dekade mendatang. Tepat karena Sian adalah mobil hybrid pertama dari Lamborghini. Dan ketika hibridisasi lebih diinginkan dan sangat penting nantinya. Sesuai dengan visi dari Lamborghini yang ingin menghadirkan mobil cepat namun ramah emisi gas buang.

Akan tetapi Sian adalah nama yang “agak” tepat menurut saya. Sian artinya adalah kilatan cahaya, yang jauh dari dongeng rakyat tentang cerita Banteng, agak keluar dari pakemnya. Atau mungkin nantinya akan ada dua penamaan beda Ordo? Nama nama dari kerajaan banteng untuk peminum petrol, dan nama dari dewa dewi mitologi kuno untuk mobil listriknya? Who know it,…

Untuk harganya sendiri, jika merujuk dari harga Aventador SVJ adalah £ 350.000, maka saya memprediksi banderol dari Lamborghini Sian akan lebih mahal £ 50.000 – £ 100.000. Mengingat hanya akan ada 63 unit di seluruh dunia, harga £ 450.000 masih layak untuk Sian.

Grazie, Alla prossima,…

Tinggalkan Balasan