Tak Tersentuh Marquez Menang Di MotoGP Jepang

Marquez Menang MotoGP Jepang 2019

Indomotorsport – Hallo Gaez, Peraih Pole Position di MotoGP Jepang yaitu Marc Marquez, akhirnya keluar menjadi juara. Pria kelahiran Cervera Spanyol itu bahkan tak tersentuh dari awal sampai akhir balapan. Dengan ini ia sejajar dengan Mick Doohan dengan raihan 54 kemenangan di kelas utama ini. Marc Marquez menang di MotoGP Jepang ini adalah kemenangan ke 10 nya dalam kalender MotoGP 2019 ini.

Lap pembuka sebenarnya Quartararo mengancam dengan overtake Marc. Namum hanya berselang 3 tikungan saja Marquez mampu overtake lagi. Tepatnya di Turn 10 The Baby Alien mampu mengambil alih pimpinan dari El-Diablo. Dan seperti judul di atas, Marc juara di sirkuit Twing Ring Motegi ini tanpa ada perlawanan. Sebenarnya Quartararo mampu menjaga pace kecepatannya untuk tetap berada dekat dengan Marquez. Gap gak terlalu jauh-jauh amat, fluktuatif di kisaran 0.8-1.2 detikan. Namun kedigdayaan Marc Marquez belum mampu dijabani oleh Quartararo.

Marquez Menang MotoGP Jepang 2019 Honda Juara Konstruktor

Pertarungan sengit sebenarnya tersaji di posisi tengah. Ketika Morbidelli mempertahankan posisi ke 3 dari ancaman Jack Miller. Aksi salip menyalip antar kedua pembalap itu menjadi hiburan tersendiri dikala pemimpin balapan ngacir di depan. Tak luput pula aksi Dovizioso yang kembali naik podium. Mengawali balapan start di grid ke tujuh, ia menggila juga gaez dengan aksi overtakingnya terhadap Miller dan Morbidelli.

Namun sayangnya Jack Miller kehilangan pace, sehingga ia merosot dan mampu di salip rival-rivalnya. Vinales pun tak kalah garang walaupun belum juga mampu menemukan setingan yang pas untuk mengimbangi Quartararo. Namun akhir akhir ini ia konsisten berada di depan, bertarung untuk perebutan podium.

Podium MotoGP Jepang 2019 Marc Marquez-Fabio Quartararo-Andrea Dovizioso
Valentino Rossi Gagal Finis Karena Tak Mampu Menjaga Keausan Ban

Lalu bagaimana dengan Valentino Rossi? Sebenarnya Rossi sendiri sudah menyiapkan treatmen khusus untuk GP Jepang ini. Dari mulai FP ia sudah bereksperimen dengan setup motornya. Ia berjanji juga akan mengubah gaya balapnya, untuk menyesuaikan dengan setupnya tersebut. Dan benar juga ia terlihat agak keluar dari kebiasaannya. The Doctor memakai ban berkompon lunak. Yang sebenarnya adalah ia paling anti karena faktor durabilitasnya. Benar saja ia akhirnya harus DnF karena ndlosor karena ia gagal mempertahankan keausan dari bannya itu.

Andrea Dovizioso-Maverick Vinales-Cal Crutchlow MotoGP Jepang 2019

Marc Marquez Menang dan podium satu di MotoGP Jepang ini, yang memang sudah ngacir duluan. Kemudian disusul oleh Quartararo yang mnegintilinya semenjak awal race. Di luar dugaan Dovizioso kembali mampu mengisi podium 3 setelah di Buriram kemarin hanya mampu finis di posisi 4. Maverick Vinales mampu menyingkirman Morbidelli dan Jack Miller untuk posisi ke 4. Posisi 5 seakan menjadi milik Morbidelli namun ia harus menyerahkan kepada Cal Crutchlow. Sehingga ia harus puas berada di posisi ke 6.

Jack Miller yang tak mampu mempertahankan kecepatannya akhirnya harus puas finis urutan ke 10. Didepannya ada Danillo Petrucci yang finis di posisi 9 seperti nomor yang menempel di batok Desmosedici. Kemudian duo Suzuki mampu finis di posisi 7 dan 8. Dengan Alex Rinz mampu menyentuh garif finis terlebih dahulu daripada Joan Mirr.

Fabio Quartararo Rookie Of The Year MotoGP 2019 Petronas Yamaha SRT c-motogp.com

Andrea Ianone tak mendapat poin karena ndlosooor, pun demikian dengan Rossi sama sama Zonk di MotoGP Jepang ini. Secara beruruatan yang yang menyusul finis selanjutnya adalah, Pol Espargaro di posisi ke 11. Lalu di susul oleh Miguel Olivera, Francesco Bagnaia kemudian Mika Kallio. Aleix spargaro menutup zona perolehan poin dengan mampu finis di posisi ke 15.

Jorge Lorenzo masih belum mampu menunjukkan performa terbaiknya dan hanya mampu finis di posisi ke 17 saja gaez. Kalah dari Nakagami yang mampu finis di depannya.

Arigatō, Mata aimashō,…

Tinggalkan Balasan