Vinales Ndlosor Di Lap Terakhir Marc Marquez Berjaya Di MotoGP Australia

Indomotorsport – Hallo gaez, memang kalau nonton MotoGP dengan karakter flowing seperti di Phillip Island ini sangat mengasikkan. Karena jalannya balap akan berlangsung ketat dan pemimpin balapan akan silih berganti. Dan benar saja saya sangat menikmati balapan di Australia ini. Di paruh pertama balapan berlangsung ketat. Pimpinan silih berganti. Tercatat ada 4 pembalap yang mampu memimpin balapan. Ditambah Andrea Ianone dari Aprillia yang beberapa saat mampu memimpin balapan di MotoGP Australia ini.

Grup terdepan pun di isi oleh 7-9 pembalap ini menyajikan tontonan yang menarik. Tak seperti sirkuit yang mempunyai ciri stop and go. Rata2 hanya diisi oleh 4-5 pembalap di grup terdepan. Balik lagi ke race ya, nasib sial di alami oleh Fabio Quartararo yang mengincar poin maksimal. Guna mengejar posisi 3 klasemen akhir. Ia di hantam oleh badan Petrucci yang mengalami insiden high side. Petrucci tak bisa mengendalikan motornya sehigga terpelanting ke udara dan mengenai motor YZR-M1 milik El-Diablo. Keduanya tak mampu melanjutkan balapan. Petrucci yang menghantam motor Quartararo dengan badannya tak mengalami cidera. Namun Quartararo terlihat pincang ketika bangkit dari kecelakaan itu.

(c)motorsport.com

Lap perdana ke secara mengejutkan Rossi melesat mampu memimpin balapan dengan gap sekitar 0.5 detikan. Mamun hanya bertahan 3 lap saja setelah itu The Docktor merosot dan tak bisa mempertahankan iramanya. Diambil alih oleh Cal Chrutclow yang hanya bisa mempertahankan pucuk pimpinan di 5 lap saja. Maverick Vinales mampu overtake the Bulldogs di lap ke 10 dan dibayangi oleh Marquez di belakangnya.

Keputusan Vinales Memilih Kombinasi Kompon Ban Soft-Soft Membuahkan Petaka.

Di awal race saya mempertanyakan keputusan Vinales menggunakan kombinasi soft-soft untuk motornya. Waduh apakah bisa tuh mempertahankan tingkat keausan bannya. Sedangkan masalah utama di pabrikan Yamaha adalah masih sama seperti tahun kemarin. Masih belum mampu menjaga usia ban. Dan benar saja gaez, tanda tanda mulai kehilangan grip ke aspal terlihat di 5 lap terakhir.

(c)motogp.com

Melihat gejala itu Marc yang sedari tadi menempel ketat Vinales mencoba beberapa tusukan di overtake spot. Beberapa kali masih melakukan percobaan dan puncaknya 3 lap menjelang akhir balapan Marc Marquez mampu menyalip Vinales. Dua lap menjelang akhir Vinalez pun memberi perlawanan sengit dan mampu menempel Marc. Namun sayang di lap terakhir ia ndlosor. Karena ban dari YZR-M1 miliknya sudah tak mampu lagi nempel di aspal sirkuit Philip Island ini.

(c)motosport.com

Dan saya amati Vinales crash tidak dalam posisi yang nikung nikung amat. Ketika akan masuk tikungan ia melambatkan laju motornya posisi masih belum terlalu rebah. Namun karena terjadi over spinning di roda belakangkanya, ditambah ia sudah kehilangan grip untuk bannya. Kombinasi over spinning dan ban yang sudah aus lah yang benyebabkan The Top Gun tak mampu mengendalikan motornya.

jack miller andrea dovizioso alex rins motogp phillip island australia 2019
(c)motogp.com

Marc Marquez rengkuh podium kemudian di belakangnya ada Cal Crutchlow untuk mengisi podium 2. Bagi Crutchlow ini adalah podium kali ketiganya dan podium terbaiknya di Phillip Island ini. Berkah akibat ndlosornya Vinales bukan hanya dirasakan oleh Cal Crutchlow saja. Namun Jack Miller pun juga mendapat hibah posisi. Bukan berarti mudah Miller harus bersusah payah menaklukkan Dovizioso dulu sebelum mampu naik podium. Terasa istimewa bagi Jack Miller karena mampu podium di tanah kelahirannya ini. Sangat emosional bagi dirinya.

Dan berikut adalah daftar pemenang balapan MotoGP Philip Island Australia

hasil balap motogp australia 2019 001
hasil balap motogp australia 2019 002
(c)motorsport.com

Thanks, See you next time,…

Tinggalkan Balasan