MotoGP Hari Ini Rins Permalukan Marquez Di Silverstone.

Alex Rins Suzuki Ecstar motogp silverstone 2019 with his trophy

Indomotorsport – Hallo gaez, Race yang luar biasa tersaji  di MotoGP hari ini, sirkuit silverstone masih mempeertahankan tradisinya. Tradisi dimana menghadirkan pemenang yang berbeda dari tahun ke tahun, tidak ada pembalap yg mampu mendominasi di sirkuit ini.

Nasib sial dialami oleh dovizioso yang mengalami kecelakaan saat awal lap. Tabrakan dengan Quartararo tak terhindarkan di tikungan pertama sesaat bendera start di kibarkan. Dovi tak bisa menghindari motor Quartararo yang terjatuh di depannya. Tak ayal Dovi terbang dan mendarat dengan keras. Desmosedici GP19 pun terbakar, Dovi masih terkapar di aspal dan mendapatkan perawatan dari medis.

Dovi-Quartarao incident motogp hari ini sirkuit silverstone

Race masih bisa di lanjutkan dengan Marc Marquez jadi pmpinan balap, dan dengan insiden itu Rins naik posisi ke 3 di belakang Rossi, hanya berselang satu putaran Rossi tak berdaya ketika pembalap Suzuki Ecstar itu mampu mendahuluinya, Marquez masih tetap tak terkejar sampai pertengahan balapan.

Rossi yang mengalami kendala pada ban belakangnya tak mampu mempertahankan posisinya yang di ambil Oleh Maverick Vinales, seberti biasanya Vinales baru bisa kompetitif ketika menjelang akhir-akhir perlombaan, dan ketika ia mulai mendapatkan kecepatan gaps dari pembalap di depannya sudah agak jauh.

Sementara itu Rins mencoba mempertahannkan kecepataannya untuk terus mepet Marquez, ketika ada kesempatan mendahului Marc dari sisi luar Copse Turn, ia mencooba dan berhasil mendahului Marc. Namun dengan cepat Marc merespon di Hangar Straight dan berhasil mempertahankan posisinya. Melihat peluang itu tim dari Suzuki Ecstar melakukan komunikasi dengan Rins melalui dashboardnya, instruksi untuk mapping di belakang Marc.

finish motogp silverstone alex rins epcundangi marquez di tikungan terakhir motogp hari ini

Dengan memanfaatkan slipstream yang di hasilkan Marc, pembalap bernomor 42 itu mampu konstan mempertahankan kecepatannya. Di 3 lap menjelang akhir Rinssembat kehilangan keseimbangan di tikungan Maggots namun bisa mengendalikannya saat memasuki tikungan Beckkets. Kemudian di 2 lap menjelang finis keseruan mulai terasa.

Kecepatan Inline-4 saat di tikungan mampu membungkam keberingasan mesin berkonfigurasi V4.

Masih bisa konsisten mapping di belakang Baby Alien, Alex Rins semakin bisa mepet ke belakang roda RC213V. Dengan keungggulan mesin Inline-4 GSX-RR, kesempatan mendahului Marc ia dapati di tikungan akhir, ia masuk dari sisi luar tikungan Cube menggeber tunggangannya di Staigt Pit, namun Marc tak kalah strategi ia mempertahankan racing line nya sehingga Rinz melebar ke sisi pembatas track. Untuk kesemptan ini Rins gagal lagi mendahului pembalap Repsol Honda itu.

Last lap masih konsisten mengekor di belakang The Little Ant. Di sektor terakhir kesempatan yang sama muncul, belajar dari sebelumnya Rins mengubah strateginya. Ia melihat Marc membertahankan racing linenya dengan men-slide ban belakngnya sedikit untuk mem block manuver Rins dari luar. Namun Rins mengganti strateginya dengan mengambil sisi dalam dari tikungan terakhir itu, Disinilah kekuatan dari mesin berkonfigurasi Inline-4 di pertaruhkan.

finish motogp silverstone rins menoleh ke marc marquez
(c)motorsport.com

Mempunyai kecepatan yang stabil saat menikung, di luar dugaan GSX-RR mampu finis di depan RC12V tipis hanya berselisih 0,013 saat melintasi garis finis, Dan di MotoGP hari ini Marc di pecundangi lagi oleh rivalnya di tikungan terakhir. Banyak anggapan bahwa Rins mampu podium saat di Austin lalu karena Marc jatuh, Dengan hasil ini Rins membuktikan bahwa motornya bisa di ajak bertarung dengan motor besutan Honda itu.

Johann Zarco terlibat insiden dengan Miguel Oliveira sehingga mereka berdua tidak dapat melanjutkan balapan.
alex rins,marc marquez, maverick vinales podium di sirkuit silverstone motogp
(c)motogp.com

Di belakang Vinales menyusul di posisi ke 3 yang berhasil menyalip Rossi, Franco Morbidelli (Petronas) kelima. Rider tuan rumah Cal Crutchlow (LCR Honda), Danilo Petrucci (Ducati) dan Jack Miller (Pramac Ducati) berturut turut finis di posisi enam tujuh dan delapan. Pol Espargaro (Redbull KTM) mampu finis di posisi ke sembilan, lalu Andrea Ianone (Aprillia) menutup jajaran Top 10

Di posisi 11 ada Franco Bagnaia (Pramac Ducati ) kemudian Sylvain Guintoli (Suzuki Ecstar) yang menggantikan Joan Mir cidera finis di posisi ke 12, untuk posisi 13 Hafizh Syahrin (Petronas) yang mampu ungku di depan Lorenzo (Honda) yang belum menunjukkan kemampuannya karena masih cidera. Kemudian Karel Abraham (Avintia) hanya bisa mendulang 1 poin saja karena hanya mampu finis di posisi 15.

See you next time,…

Tinggalkan Balasan