Motor Listrik BMW “Vision DC Roadster” Bermesin Boxer-Part 01

BMW-Vision-DC-Roadster-Concept-BMW-Motorrad-indomotorsport.com

Indomotorsport – Hallo gaez, produsen otomotif dunia sedang gencar untuk mengkampanyekan kendaraan ramah lingkungan. Dengan menekan penggunaan bahan bakar fosil. Opsi terbaik adalah menggunakan energi listrik, yang relatif dengan mudah dijumpai di belahan dunia manapun. BMW sebagai raksasa otomotif duniapun tak mau ketinggalan berinovasi, dengan meluncurkan motor listrik nan futuristik bertajuk “Vision DC Roadster”. Motor ini adalah lanjutan desain konsep dari Vision NEXT 100, yang di gambar desainer motor BMW 3 tahun silam.

BMW-Vision-Next-100-Electric-Motor-Concept-bmw-motorrad-indomotorsport.com sketch concept

Desain dari motor listrik ini pun terbilang sangat unik, dimulai dari mendesain mesin lebih dulu barulah bodi menyusul. BMW sendiri tak mau menghilangkan identitas dari divisi BMW Motorrad yang selama ini identik dengan mesin Boxer. Inilah yang di garisbawahi oleh para desainer. Mesin berjenis Boxer harus menjadi bagian dari motor listrik ini, agar motor tak kehilangan identitasnya. Mesin berpenggerak motor listrik berdesain kompak, sedangkan mesin konvesional jenis boxer melebar ke kiri dan kekanan, hmnnn,….

BMW-Vision-Next-100-Electrical-Boxer-Machine-Concept-bmw-motorrad-indomotorsport.com

Mesin dua silinder yang berlawanan arah secara horizontal = Boxer Twin. Telah menjadi simbol BMW selama lebih dari 90 tahun yang lalu. Baik dari segi teknologi maupun dari desai body yang khas. Desain seperti apa yang harus di implementasikan jika BMW menciptakan motor listrik namun tak kehilangan jati diri dari BMW Motorrad? BMW Motorrad Vision DC Roadster itulah jawabannya.

Sejarah yang kuat melekat pada motor listrik BMW ini, dengan mempertahankan bentuk dari mesin boxer.

Sepeda motor dengan zero emission yang di hadirkan BMW . Didasarkan pada konsep “Bagaimana jika mesin Boxer diganti dengan dapur pacu motor listrik?” Model konsep baru inilah yang tercermin dalam diri BMW Vision DC Roadster. Masih menggunakan jenis Boxer namun berpenggerak motor listrik, sensasi berkendara dengan pengalaman yang berbeda.

Edgar Heinrich kepala desain BMW Motorrad mengatakan bahwa, kinerja mesin yang dinamis dengan penggerak motor listrik. Namun masih merasakan sensasi mesin Boxer yang agak kasar ketika mengirimkan daya ke roda. Vision DC Roadster ini akan memberikan pengalaman baru yang belum pernah di rasakan sebelumnya.

BMW-Vision-DC-Roadster-concept-Sketch-BMW-Motorrad-indomotorsport.com motor listrik bmw

Tidak hanya dari segi kinerja mesinya saja, tetapi juga dalam segi struktur motor itu sendiri. Motor listrik membutuhkan ruang pemasangan yang sama sekali berbeda. Pada motor dengan mesin konvensional, ukuran dan desain bodi secara kasar ditentukan oleh besarnya cc dari motor tersebut. Namun dalam kasus motor listrik, letak baterai menjadi faktor terbesar. Di sisi lain, motor listriknya cukup kompak. BMW tertantang untuk menempatkan komponen-komponen ke sepeda motor listrik, namun mesin boxer khas BMW masih ternamam di dalam motor. Sehingga secara sekilas BMW Motorrad Vision DC Roadster terlihat seperti Motor BMW pada umumnya.

BMW-Vision-DC-Roadster-Concept-BMW-Motorrad-indomotorsport.com new boxer electric concept sketch

NEXT : BMW Motorrad “Vision DC Roadster” Detail Body Berkualitas Tinggi (Part 02)

Danke,…

Tinggalkan Balasan